Memilih Template WordPress Yang Tepat

hasan

Design Template WordPress Terbaik

Template atau yang lebih populer dengan sebutan themes tentunya merupakan salah satu elemen penting bagi sebuah blog atau situs, dimana sebuah desain terkadang bisa menjadi penentu kenyamanan pengunjung sekaligus nilai plus bagi suatu website. Umumnya, blogger tentu akan mencari desain yang bagus namun gratis, hal ini lumrah karena memang untuk sebuah desain website harganya tidaklah murah. Tapi, bagian paling parah adalah bahwa tidak sedikit blogger yang memilih menggunakan template premium yang bisa didapatkan secara gratis (biasa dikenal sebagai nulled themes).

Sebenarnya, untuk sebuah desain sendiri sangatlah sederhana. Hanya saja terkadang faktor gengsi atau katakanlah bahwa ingin terlihat bagus menjadi sebuah alasan tersendiri untuk menemukan sebuah desain yang perfect. Sebuah situs yang memiliki desain bagus memang terlihat menarik dan seolah nyaman untuk dikunjungi, sayangnya terkadang ada bagian-bagian yang dilupakan dari desain itu sendiri sehingga mengakibatkan seseorang terdorong untuk memiliki desain berkelas namun gratis.

Prinsip Desain Web

  1. Sederhana dan Rapi.
  2. Akses cepat.

Prinsip desain web sendiri sebenarnya bukan dua hal diatas, melainkan ada warna dan sebagainya. Saya memilih dua hal diatas sebagai prinsip desain adalah agar tidak terjadi penilaian yang salah akan sebuah template terutama bagi pemula.

Sederhana Dan Rapi

Sebuah desain web yang kaya akan fitur sudah barang pasti akan terlihat bagus, tapi hal itu tidaklah berlaku bagi sebuah situs dengan jenis blog. Anggaplah situs berita menggunakan desain sederhana yang langsung menampilkan konten inti disertai dengan sidebar atau tambahan lainnya, hal ini jelas sangat tidak sesuai karena pada dasarnya sebuah situs berita memiliki banyak kategori yang harus dimuat dan ditampilkan selain bagian atau konten terbaru. Pada intinya, sebuah blog cukup menggunakan desain sederhana yang langsung menampilkan konten inti dan disertai dengan sidebar dan tambahan (jika diperlukan). selain desain yang sederhana juga harus terlihat rapi.

Desain rapi yang saya maksud adalah bahwa penataan bagian-bagian blog serta konten benar-benar tertata. Hal ini karena tidak sedikit sebuah blog yang menggunakan desain sederhana dan bagus (pada dasarnya desain yang digunakan sangat rapi), tapi kurang sesuai dengan desain konsep yang digunakan. Katakanlah sebuah desain dengan header yang menjadi satu bagian dengan menu, karena kurang teliti sehingga salah satu bagian terlihat lebih besar atau kurang pas dengan ukuran sebenarnya dan menyebabkan penataan terlihat kurang sesuai.

Akses Cepat

Situs web dengan loading cepat ketika diakses tentu saja membuat nyaman pengunjung, hal ini karena pengunjung tidak harus menunggu lama untuk membuka suatu halaman. Secara umum masalah akses memang bergantung pada server atau hosting yang digunakan, namun selain pemilihan hosting yang tepat desain template juga sangat berperan untuk ukuran sebuah blog.

Untuk sebuah blog sendiri menurut saya pribadi menggunakan desain ala kadarnya tanpa banyak penambahan adalah pilihan terbaik. Yang saya maksudkan desain ala kadarnya adalah sebuah desain yang langsung menampilkan konten inti, sehingga pengunjung langsung paham bahwa itu adalah artikel terbaru. Serta dengan tidak banyak tambahan seperti artikel sesuai kategori dan sebagainya akan membuat situs terasa lebih cepat karena resource yang dimuat tidak terlalu banyak.

Terlepas dari hal-hal diatas, sebenarnya untuk permasalahan desain kembali pada masing-masing pemilik situs. Hanya saja, ada baiknya seorang pemilik situs juga memikirkan hal-hal eksternal seperti pengunjung yang kesulitan mengakses karena situs terlalu berat dan sebagainya.

Rekomendasi Template

Mengenai rekomendasi template untuk ukuran sebuah blog sebenarnya saya lebih menyukai desain template bawaan atau default dari WordPress, hal ini mengacu bahwa desain template bawaan WordPress sangatlah sederhana dan pengaturan letaknya pun tidak rumit.

Jika mengunakan template lain yang lebih kompleks (misalnya template gratis Point), itu juga bukan sebuah masalah karena desain tidak terlalu rumit dan masih tergolong sederhana. Tapi, harus benar-benar memahami konsep desain dari template yang digunakan sehingga penataan akan sesuai dan tidak terlihat kurang pas karena penataan yang kurang tepat.

Share this:

2 thoughts on “Memilih Template WordPress Yang Tepat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + fourteen =