Jangan Menggunakan Template WordPress Bajakan

Template Nulled Bajakan WordPress

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas bagaimana memilih sebuah desain template yang tepat untuk sebuah situs dengan jenis blog, dimana sebuah desain yang sederhana dan rapi menjadi poin utamanya. Jika Anda membaca artikel sebelumnya tentu sudah mengerti apa yang saya maksudkan, yang mana tujuan penggunaan desain sederhana tersebut lebih mengarah pada kenyamanan pengunjung.

Untuk pembahasan kali ini bukan mengacu pada desain sebuah template, melainkan lebih mengarah pada sebuah hak cipta serta kejujuran sebagai seorang web master (pemilik blog) dalam menata atau menentukan desain bagi situsnya.

Jika Anda melakukan pengecekan atau katakanlah mencari sebuah desain template (dalam pembahasan ini menyinggung WordPress) tentu banyak sekali terdapat template atau themes premium yang menawarkan berbagai model desain dan fitur. Banyaknya desain yang bertebaran tentu menandakan bahwa tidak sedikit orang-orang yang menggunakan kemampuannya dalam berkreasi, sebagai seorang pengguna tentunya kita harus menghargai karya-karya mereka karena untuk membuat hal tersebut tidaklah mudah.

Tapi sangat disayangkan karena tidak sedikit yang ternyata memilih untuk melakukan pembajakan (dalam konteks template premium) demi suatu tujuan. Sebagai seorang web master, menggunakan sebuah desain premium tentu bukan hal baru karena secara umum memang banyak sekali template premium yang dijual secara bebas.

Alasan Untuk Tidak Menggunakan Template Bajakan

  • Hak Cipta.
  • Keamanan Situs.

Secara pribadi, saya menganggap ada dua alasan mengapa kita tidak boleh menggunakan template bajakan. Selain karena pelanggaran hak cipta, juga karena memiliki dampak negatif yang bisa saja sangat merugikan. Tentunya Anda tidak menginginkan situs yang Anda bangun susah payah (katakanlah dari “0” nol) harus mengalami kerusakan hanya karena penggunaan desain ilegal.

Hak Cipta

Tidak perlu jauh-jauh membahas hukum mengenai pelanggaran hak cipta, umpamakan saja Anda adalah seorang yang membuat sebuah karya, ternyata karya tersebut dicuri (sebut saja di copy) oleh seseorang, tentu rasanya akan menyakitkan. Sebab itu ada baiknya kita menghargai karya orang-orang dalam membuat template yang dijual premium, jika memang tidak bisa membeli maka masih bisa menggunakan template gratis yang tersedia.

Walaupun terlihat sepele, bahkan orang lain pun tidak akan mengetahui bahwa template yang digunakan adalah bajakan tetap saja itu adalah hal yang salah. Asumsinya jika ingin dihargai orang lain maka terlebih dulu belajar menghargai orang lain.

Keamanan Situs

Template premium memang terlihat menggiurkan, karena desain yang ditawarkan bisa dikatakan berkelas, apalagi jika template tersebut bisa didapatkan secara gratis, tentu sangat menggoda. Tapi, kita tidak pernah tau template premium yang disebarkan secara gratis tersebut adalah file yang asli atau sudah di modifikasi.

Tidak sedikit template premium yang dibagikan secara gratis telah diubah beberapa bagiannya atau bahkan ditambahkan script tertentu yang justru bisa membahayakan situs yang menggunakannya.

Hal lain yang bisa dijadikan acuan untuk tidak menggunakan template bajakan adalah karena tidak mendukung pembaharuan secara resmi. Ini bisa menyebabkan error jika pihak developer (pembuat template) melakukan update dalam skala besar. Walaupun sebenarnya kemungkinan seperti ini sangat kecil, tapi ada baiknya memang dihindari sejak awal.

Share this:

2 thoughts on “Jangan Menggunakan Template WordPress Bajakan”

    1. bukan masalah, jenis cms yang digunakan merupakan pilihan. bagi saya blogspot juga jenis website yang dibangun dengan basis xhtml.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *