Software Untuk Membuat Template WordPress

hasan

Software Terbaik Untuk Desain Template WordPress

Mendesain template WordPress adalah sebuah perkara sederhana bagi mereka yang sudah paham mengenai struktur serta mengerti pemrograman web, berbeda dengan yang belum memahami namun ingin memiliki situs dengan desain sendiri.

Jawaban paling rasional adalah dengan membeli sebuah desain atau template, namun hal itu tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, bukan berarti tidak bisa membuat desain sendiri hanya karena terbentur biaya serta belum memahami pemrograman karena ada software yang bisa digunakan untuk membuat desain WordPress. Meski demikian, secara pribadi saya lebih menyukai manual atau hanya sekedar mengedit template gratis yang sudah ada.

Bagi yang memang mencari software untuk mendesain WordPress dengan mudah bisa menggunakan Artisteer atau Pinegrow. Sebenarnya kedua software tersebut bukan khusus untuk mendesain template WordPress akan tetapi bisa digunakan.

Penggunaannya sendiri bisa dikatakan mudah, dan hasilnya juga lumayan (menurut saya) meski mungkin akan terdapat kekurangan tapi bisa dikatakan cukup membantu untuk pemula.

Dari kedua software tersebut, yang paling mudah digunakan adalah Artisteer karena merupakan software drag and drop yang tidak membutuhkan pengetahuan pemrograman. Sedangkan untuk yang ingin naik kelas bisa menggunakan Pinegrow sekalian untuk belajar pemrograman web.

Kekurangan Menggunakan Software Builder Template

Menggunakan software builder atau generator memang menyenangkan karena mudah sekali untuk digunakan, akan tetapi menyisakan kekurangan yang bisa dikatakan cukup siginifikan.

Kekurangannya adalah bahwa tidak ada software builder yang benar-benar menghasilkan desain secara utuh, dengan kata lain pengguna tetap membutuhkan skill pemrograman agar bisa membuat sebuah desain yang sesuai.

Terkadang kita (saya sendiri) terlena dengan kemudahan yang ditawarkan dalam membuat sebuah desain web, akan tetapi merasa kurang puas setelah menggunakannya.

Software yang tepat untuk mendesain template

Ada banyak sekali jenis software yang bisa digunakan, akan tetapi fitur masing-masing software berbeda. Yang paling saya rekomendasikan adalah dreamweaver atau software sejenisnya karena selain terdapat live coding juga terdapat panel interface yang memudahkan ketika proses desain.

Kekurangan software seperti ini adalah bahwa cukup berat untuk dijalankan, tapi itu bukan masalah serius. Saya sendiri lebih senang menggunakan notepat++ atau sejenisnya karena ringan untuk digunakan.

Apa itu berarti tidak boleh menggunakan template builder?

Bukan tidak boleh tetapi tidak disarankan, karena pada intinya saja yaitu tetap membutuhkan skill pemrograman untuk hasil yang bagus.

Dan solusi terbaik untuk permasalahan seperti ini adalah dengan membuat sebuah child theme, karena sudah ada kerangka dasar dan tinggal melanjutkan desain agar sesuai keinginan dan tampil berbeda.

Saran saya, jika memang ingin membuat sebuah template maka belajar dari nol “0”. Karena akan sangat berguna di kemudian hari ketika ingin melakukan perubahan.

Untuk membuat sebuah desain dari child theme sendiri tidak terlalu sulit, karena ada banyak plugin yang dapat membantu dalam mendesain sebuah template untuk WordPress. Saya sendiri kadang menggunakan live composer atau sejenisnya untuk melakukan pengeditan, selain mudah juga tidak terlalu memakan banyak waktu seperti membuat dari nol.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + seventeen =