Cara Optimasi Gambar Pada Artikel

optimasi gambar seo

Gambar adalah salah satu elemen penting dalam sebuah artikel, dimana gambar bisa menjadi pelengkap yang sempurna bagi suatu konten. Pemilihan gambar pun jangan asal, dengan kata lain gunakan image yang sesuai dengan isi artikel. Mudahnya, image yang disertakan bisa mewakili atau mendukung penjelasan artikel tersebut.

Menyinggung masalah image atau gambar, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari cara mengambil gambar, menyesuaikan, dan atau hal lain yang mungkin akan berpengaruh terhadap situs nantinya.

optimasi gambar

Memahami Optimasi Gambar Pada Blog

Menulis sebuah artikel atau post di blog tentu kurang lengkap jika tidak disertai dengan adanya gambar. Fungsinya adalah sebagai pendukung dari isi artikel tersebut, serta dapat memberikan nilai tersendiri bagi pembaca.

Bayangkan jika tulisan di blog cukup panjang tanpa adanya gambar, tentu akan terasa kurang nyaman dan cenderung membosankan jika menjadi seorang pembaca.

Selain dapat melengkapi sebuah tulisan, gambar juga bisa memberikan kenyamanan bagi pembaca.

Gunakan gambar yang sesuai dengan artikel yang di tulis, agar dapat mewakili atau memberikan gambaran (ilustrasi) mengenai artikel tersebut. Gambar yang relevan dengan artikel dapat membantu pembaca untuk lebih mudah memahami isi artikel.

Setelah mendapatkan gambar yang sesuai dengan artikel, yang harus dilakukan adalah mengubah gambar tersebut agar bisa membantu artikel dalam hal lain (sebagian orang menyebutnya dengan “SEO”).

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk masalah optimasi gambar:

  1. Title (judul gambar).
  2. ALT Text (teks alternatif sebelum atau jika gambar gagal dimuat)
  3. Deskripsi (penjelasan mengenai gambar tersebut).

Judul gambar (Title), usahakan sesuai dengan keyword yang menjadi target. Misalnya, sebuah artikel dengan judul Cara Optimasi Gambar SEO Pada Blog, maka judul gambar bisa di tulis Cara Optimasi Gambar atau Optimasi Gambar dan atau lainnya asalkan sesuai dengan keyword yang di tentukan.

Begitu pula dengan ALT Text dan deskripsi, bisa di isi sesuai dengan keyword atau dengan ditambahkan kata tertentu. Namun, akan lebih baik jika di isi seperti judul gambar.

Sedangkan untuk keterangan atau Caption bisa di biarkan kosong, atau bisa di isi dengan sumber gambar tersebut. Misalnya Foto: Google, Foto dari situs A, Gambar dari Google, dan sebagainya.

cara optimasi gambar

Cara Download Gambar untuk Artikel

Seorang blogger, atau bahkan sebuah website yang sudah besar terkadang (sebagian besar) menggunakan gambar yang di dapatkan dari internet. Hal itu bukan sebuah masalah dan bisa dikatakan lumrah, tapi harus dipahami bagaimana cara yang tepat untuk mengambil gambar tersebut.

Terkadang dalam mengambil gambar hanya dengan mengunduh kemudian mengganti nama gambar tersebut. Sebenarnya, cara seperti ini kurang sesuai. Cara yang tepat adalah dengan menggunakan Snipping Tools untuk memotong gambar tersebut. Tujuannya adalah untuk menghilangkan metadata gambar tersebut, agar tidak dianggap duplikat.

Jika memilih untuk mengunduh gambar, maka setelah unduhan selesai harus menghapus metadata gambar. Cara menghapus metadata bisa dilakukan dengan mengubah melalui properti gambar, atau bisa dengan menggunakan software tertentu.

optimasi gambar seo

Menyesuaikan Ukuran Gambar

Masalah ukuran sebenarnya sifatnya opsional, karena ada banyak artikel dengan ukuran gambar yang berbeda. Hanya saja jika ukuran gambar dalam sebuah artikel sama semua, maka akan terlihat lebih rapi.

Menyinggung masalah ukuran gambar, ada ukuran lain yang harus diperhatikan. Ukuran tersebut adalah File Size, dimana jika semakin kecil ukurannya maka semakin baik karena jika terlalu besar akan mengurangi kecepatan loading.

Ketika mengubah ukuran gambar usahakan gambar tidak sampai pecah, agar tetap bagus untuk dilihat. Perlu diketahui, gambara yang di kompres secara berlebih dengan tujuan untuk mengecilkan File Size dapat menyebabkan kualitas gambar menurun.

panduan optimasi gambar

Tools untuk Mengedit Gambar

Ada banyak sekali tools atau software yang bisa digunakan. Mulai dari yang gratis sampai berbayar. Selain tools yang bisa digunakan secara bebas (offline), juga tersedia banyak tools yang bisa digunakan secara online.

Berikut tools/software yang bisa digunakan untuk mengedit gambar secara offline:

  1. Photoshop (berbayar).
  2. Gimp (gratis.)
  3. Fastone (gratis).

Photoshop dan Gimp bisa digunakan untuk mengubah ukuran gambar, termasuk mengatur size gambar tersebut. Jika menggunakan Photoshop atau Gimp, ada fitur Save for Web yang akan secara otomatis menyimpan gambar dengan ukuran yang di optimasi untuk web. Artinya ukuran File Size tidak akan terlalu besar.

Fastone dapat digunakan untuk menghilangkan metadata gambar yang di download dari internet. Sehingga gambar akan menjadi pure tanpa metadata dan berganti dengan metadat perangkat yang digunakan.

Selain harus bisa menulis, seorang blogger harus juga bisa menyediakan gambar yang mendukung tulisannya. Sebab itu selain mempelajari cara menulis juga harus belajar menggunakan tools untuk mengedit atau membuat gambar.

Tools apapun yang digunakan bukan sebuah masalah, gunakan tools yang sudah familiar atau terbiasa. Poin penting dalam optimasi gambar adalah TitleALT TextDescription, serta File Size. Sedangkan untuk ukuran gambar (tinggi dan lebar) bisa disesuaikan.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + five =