Menyembunyikan Link Afiliasi

short link

Cara Menyembunyikan Link Di WordPress

Afiliasi merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan terutama bagi blogger, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa afiliasi bisa menjadi lahan pemasukan yang menjanjikan bagi para blogger.

Terkadang bagi blogger afiliasi cukup berat atau susah karena banyak yang berpikir bahwa banyak pembaca yang lebih memilih mendaftar atau membeli langsung tanpa melalui link referral atau afiliasi.

Dalam hal ini memang saya setuju, bahwa masih banyak pembaca atau sesama blogger yang kurang menghargai link afiliasi dan lebih memilih untuk langsung menuju situs utama.

Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan membuat sebuah link palsu, disini yang saya maksud palsu adalah link yang berguna untuk menyamarkan link asli, salah satunya adalah dengan menggunakan pemendek url.

Untuk shorten url sendiri jangan asal menggunakan, karena kriteria shorten url yang tepat untuk digunakan sebagai penyamar link afiliasi adalah shorten url yang langsung mengarah pada url tujuan, dengan kata lain tidak perlu menunggu sekian detik untuk kemudian baru menuju situs tujuan.

Atau, bisa juga dengan membuat sub domain (bagi yang memiliki domain) dan dibuat sebagai shorten url. Misalkan pengguna WordPress bisa memanfaatkan plugin shorten seperti pretty link untuk membuat sorten url dengan domain sendiri.

Menggunakan layanan URL Shortner

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya url shortner, layanan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan link afiliasi. Tapi, ada syarat url shortner yang bisa digunakan untuk menyembyukian link afiliasi, syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Tidak membutuhkan waktu untuk direct
  • Mendukung custom domain (opsional)

Syarat terpenting sebenarnya hanya satu, yaitu  tidak membutuhkan waktu untuk direct, maksudnya adalah bahwa link akan langsung menuju pada link tujuan tanpa harus menunggu. Terkadang ada url shortner yang mengharuskan untuk menunggu sekian detik agar bisa menuju link utama.

Sedangkan syarat kedua tidak lah wajib (optional), jika memang mendukung untuk custom maka itu adalah nilai plus.

Menggunakan Plugin (WordPress)

Ada banyak sekali plugin url shortner atau plugin afiliasi yang bisa digunakan, Anda tinggal memilih sesuai selera. Saya sendiri lebih memilih menggunakan plugin pretty link karena mudah untuk digunakan.

Dalam menyembunyikan link afiliasi ini sendiri sebenarnya tidak terlalu penting, namun bisa menjadi nilai tersendiri dan juga bisa sangat membantu.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *