Mengganti Permalink WordPress Tanpa Kehilangan Traffic

wordpress

Cara Mengganti Permalink Tanpa Mengurangi Traffic

Semua blogger atau pemilik situs tentu sudah memahami apa itu permalink (permanen link) dan apa fungsinya, secara pribadi saya lebih senang menyebut permalink sebagai url atau alamat. Mengenai masalah penyebutan atau penamaan tergantung selera masing-masing saja karena bukan merupakan sebuah masalah yang serius.

Ketika pertama kali menggunakan WordPress, maka sudah barang tentu Anda akan melakukan pengaturan permalink agar lebih mudah, pilihan permalink yang ditawarkan WordPress sendiri cukup beragam sehingga memudahkan pengguna dalam memilih.

Secara umum, pengaturan permalink memang dilakukan di awal pembuatan situs. Tapi terkadang karena suatu hal permalink harus disesuaikan atau diubah. Dalam menentukan permalink sendiri tidaklah rumit, namun juga harus dengan berbagai pertimbangan. Sebelum menentukan atau mengubah permalink, ada baiknya terlebih dulu memahami prinsip permalink, sehingga tidak perlu ada perubahan ketika situs sudah mulai dikenal orang.

Prinsip dasar permalink

  1. Singkat dan jelas.
  2. Deskriptif (mewakili isi konten/halaman).

Prinsip dasar diatas sebenarnya sangat sederhana, bahkan pemula sekalipun pasti sudah memahami akan hal itu. Misalkan saja sebuah artikel atau konten dengan judul Cara Mengganti Permalink WordPress SEO Friendly, maka jika url atau permalink ditulis seperti judul akan terlihat panjang dan kurang efektif, sehingga lebih baik ditulis lebih singkat tapi jelas seperti Mengganti Permalink WordPress.

Sebelum mengganti permalink ada baiknya Anda lebih dulu memahami seperti apa permalink WordPress dan apa perbedaan dari setiap permalink, sehingga tidak terjadi lagi perubahan permalink di kemudian hari.

Jika di awal pembuatan situs sudah diperhitungkan dengan matang seperti apa permalink yang akan digunakan, namun ternyata harus melakukan perubahan maka Anda harus siap dengan segala resiko yang mungkin ditimbulkan. Salah satu resiko yang paling dibenci oleh web master atau pemilik situs ketika memutuskan untuk mengubah permalink adalah hilangnya traffic/visitor atau pengunjung, tapi hal ini bisa di antisipasi, meski demikian usahakan untuk tidak mengubah permalink ketika situs Anda sudah dikenal banyak orang.

Beruntung bagi pengguna WordPress yang ingin mengubah permalink tanpa takut kehilangan pengunjung karena terdapat plugin yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi hal tersebut. Selain menggunakan plugin, sebenarnya bisa dilakukan secara manual namun agak rumit, dan tentu saja akan membingungkan bagi pemula.

Plugin Redirection adalah jawaban bagi Anda yang kesulitan dalam mengatasi masalah perubahan permalink, plugin tersebut dapat membantu redirect atau katakanlah transfer url dari alamat lama menuju alamat yang baru. Misalkan sebuah artikel dengan alamat domain.com/2017/08/sample-page diubah menjadi domain.com/sample-page maka ketika pengunjung mengakses alamat yang lama akan secara otomatis diarahkan pada alamat yang baru.

Sebenarnya ada plugin lain yang dapat digunakan, namun pengaturan yang dilakukan cukup banyak dan terbilang rumit.

Meski terdapat plugin yang dapat membantu mengatasi masalah redirect url, ada baiknya dipikirkan secara matang sebelum melakukan perubahan permalink. Dan lebih baik lagi dipahami di awal, sehingga tidak perlu melakukan perubahan di kemudian hari.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 4 =