Mengenal WooCommerce Plugin Toko Online WordPress

woocommerce

Toko Online WooCommerce

WooCommerce sebuah plugin yang dapat mengubah WordPress menjadi sebuah toko online professional, selain sebagai platform blogging, WordPress juga dapat digunakan untuk membangun toko online yang memiliki fitur lengkap layaknya situs online store professional lainnya. WooCommerce sendiri merupakan pemain lama, dan memang menjadi salah satu plugin toko online paling banyak digunakan saat ini.

Sebenarnya, selain WooCommerce masih terdapat plugin lainnya yang juga mendukung atau berfungsi untuk membuat toko online dengan WordPress, hanya saja untuk sekarang ini yang memiliki fitur lengkap dan banyak pendukungnya (plugin tambahan lainnya) adalah WooCommerce.

Plugin WooCommerce ini sendiri mulai dikenal pada tahun 2008, dimana pada saat itu masih sedikit yang menggunakan WordPress untuk membangun toko online. Tapi semenjak WooCommerce mulai dikenal banyak orang, WordPress menjadi salah satu pilihan untuk membangun toko online terutama bagi individu dan ukm.

Alasan sederhana mengapa WordPress menjadi populer sebagai mesin untuk situs online store adalah karena kemudahan dalam penggunaan serta banyaknya dukungan eksternal (seperti WooCommerce), terlebih lagi sekarang ini hampir semua template (terutama premium) banyak sekali yang mendukung WooCommerce sebagai salah satu fiturnya.

Saya sendiri cukup senang dengan adanya WooCommerce, karena dengan adanya plugin tersebut bisa dengan cepat membangun toko online yang mudah digunakan. Meski terkadang cukup kecewa karena tidak sedikit dukungan yang digunakan untuk integrasi WooCommerce merupakan plugin berbayar, namun saya akui memang WooCommerce menjadi solusi dalam hal online store.

Terlepas dari WooCommerce yang memberikan kemudahan dan dapat mengubah WordPress menjadi sebuah toko online, sebenarnya masih terdapat cukup banyak kekurangan. Hanya saja kekurangan-kekurangan tersebut bukanlah sebuah kendala serius (dalam lingkup untuk ukuran individu dan ukm).

Salah satu kekurangan yang cukup disayangkan adalah bahwa masih terlalu sedikit template (themes) gratis yang mendukung WooCommerce, hal ini sebenarnya wajar tapi menurut saya secara pribadi cukup menyusahkan jika harus membeli sebuah template terutama bagi individu atau ukm yang memiliki modal tidak terlalu besar.

Pilihan CMS Toko Online Selain WordPress WooCommerce

  • Magento
  • osCommerce
  • PrestaShop
  • OpenCart
  • ZenCart
  • VirtueMart (Joomla)
  • Drupal Commerce (Drupal)

Daftar diatas adalah beberapa daftar pilihan CMS atau mesin untuk membangun Toko Online selain menggunakan WordPress. Tingkat kelengkapan fitur sendiri cukup beragam, tergantung masing-masing pengguna.

Mengenai mana yang terbaik, menurut saya itu tergantung pada pengguna. Karena selain menggunakan CMS (membangun sendiri) juga bisa menjadi sebuah situs online store yang professional.

Pilihan Plugin ECommerce WordPress

  • WooCommerce
  • Jigoshop
  • Wp-Ecommerce
  • Shopp

Sebenarnya masih ada banyak plugin lain yang bisa digunakan, atau bahkan menggunakan layanan pihak ketiga (eksternal) yang dihubungkan dengan situs WordPress. Tapi menurut saya daftar plugin diatas sudah lebih dari cukup.

Untuk perbandingan sendiri sebenarnya plugin ecommerce WordPress hampir sama semuanya, tapi mungkin terdapat beberapa perbedaan. Sedangkan terkait dengan plugin pendukung sendiri menurut saya WooCommerce berada pada daftar teratas, hal itu melihat dari banyaknya layanan eksternal yang terhubung dengan plugin WooCommerce.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + twelve =