Menambahkan Metode Pengiriman WooCommerce

shipping

Konfigurasi Pengiriman WooCommerce

Sebuah toko online tentu tidak lengkap jika tanpa adanya pilihan pengiriman barang bagi pembeli, semakin banyak pilihan jenis pengiriman tentu akan semakin memudahkan, terlebih lagi jika fitur pengiriman yang tersedia sangat lengkap. Untuk menambahkan fitur pengiriman tersebut sebenarnya Anda diharuskan untuk mengeluarkan biaya tambahan, dimana Anda harus menggunakan layanan pihak ketiga yang mendukung untuk WordPress.

Bagi pelaku usaha sekala mikro yang memiliki dana terbatas tentu mengeluarkan biaya baru untuk fitur pengiriman ini bisa menjadi beban, hal ini karena harga yang ditawarkan cukup tinggi (menurut saya). Untuk itu menggunakan alternatif yang meski kurang bagus bisa menjadi pilihan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan WooCommerce yaitu fitur shipping dengan local pickup.

Pengaturan local pickup ini sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu mendata layanan pengiriman yang akan digunakan kemudian menambahkan pada situs melalui pengaturan WooCommerce. Meski sangat sederhana, namun metode ini cukup efektif dalam menekan biaya untuk penambahan fitur pengiriman pada toko online WordPress.

Pada video diatas, Anda bisa melihat bagaimana pengaturan atau pembuatan fitur pengiriman local shipping. Semakin banyak layanan pengiriman yang Anda gunakan tentu akan semakin memudahkan pelanggan dalam memilih jenis pengiriman.

Kelebihan Metode Local Shipping

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk fitur pengiriman, serta pengaturan yang sangat mudah. Penggunaan metode ini bisa dikatakan cukup efektif, meski sangat sederhana dan tidak terdapat pilihan wilayah atau kota tujuan pengiriman tapi setidaknya bisa memberikan informasi bagi pelanggan mengenai pengiriman yang digunakan dan biaya yang dibebankan.

Kekurangan Metode Local Shipping

Jika dibandingkan dengan layanan fitur pengiriman berbayar, tentu metode ini memiliki kekurangan yang sangat banyak, selain karena tidak adanya pilihan kota tujuan, juga karena tidak tersedia kalkulasi harga untuk tiap lokasi tujuan.

Tapi hal itu bukan sebuah masalah serius, karena Anda bisa mengakali dengan menyesuaikan harga barang (meski tetap saja hal ini kurang efektif karena jika lokasi tujuan sangat jauh bisa menyebabkan kerugian) tapi cukup membantu. Selain itu, Anda juga bisa memberikan informasi tambahan pada setiap pembeli melalui kontak yang tersedia (misalnya sms/telpon) mengenai biaya tambahan yang harus dibayar jika diperlukan.

Secara keseluruhan memang menggunakan metode local shipping memiliki banyak sekali kekurangan, tapi bukan berarti tidak layak untuk digunakan. Disisi lain, metode ini terbukti cukup efektif menekan biaya tambahan untuk fitur pengiriman.

Menyinggung masalah pengaturan lokasi tujuan pengiriman, sebenarnya bisa saja dibuat agar ada kalkulasi harga tiap kota, tapi mungkin akan sedikit rumit konfigurasinya dan membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melakukan input secara manual.

Kesimpulan

Metode diatas boleh dan layak untuk digunakan, hanya saja bagi Anda yang memiliki dana lebih ada baiknya menggunakan layanan berbayar saja untuk memudahkan pelanggan serta memudahkan Anda dalam kalkulasi harga.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − five =