Cara Mempercepat Laptop Windows

Laptop atau komputer tentunya bukan sebuah hal baru lagi, terlebih sekarang ini banyak tersedia laptop dengan harga terjangkau. Untuk laptop atau komputer high end (spesifikasi tinggi) tentu tidak perlu khawatir dengan kemampuannya karena bisa dipastikan akan sangat mumpuni, hal itu tentu saja berbeda dengan komputer atau laptop dengan spesifikasi standar.

Kebetulan saya sendiri menggunakan laptop tua dengan spesifikasi yang sangat minimum, dimana hanya tersedia ram 2 gb dan tentu saja sangat berat atau lambat ketika menjalankan software dengan spesifikasi tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya memanfaatkan sebuah memori eksternal merk sandisk dengan kapasitas 8 gb. Memori tersebut saya korbankan untuk dijadikan sebagai readyboost serta mengorbankan beberapa kapasitas hardisk sebagai virtual ram.

Untuk pengaturannya, silahkan lihat video dibawah ini.

Selain itu, untuk menjaga performa laptop atau komputer juga harus dilakukan pembersihan cache dan defrag secara berkala, minimal sekali dalam seminggu.

Memang cara diatas tidak terlalu signifikan hasilnya, tapi setidaknya sedikit membantu. Berkat cara diatas lah sampai sekarang ini laptop yang saya gunakan masih mampu untuk menjalankan software-software dengan spesifikasi tinggi yang menjadi kebutuhan saya.

Selain cara diatas, ada beberapa hal lain yang bisa berguna untuk mempercepat laptop. Diantaranya adalah dengan mengurangi jumlah proses pada background dan menurunkan tingkat grafis dari sistem operasi.

Gunakan Performa Terbaik

Cara ini memang sederhana, namun terbukti berguna dalam hal mengoptimalkan kinerja komputer. Hampir semua komputer yang saya gunakan pasti saya ubah sistemnya ke performa yang lebih sedikit agar proses menjadi lebih cepat.

Untuk menggunakannya, silahkan masuk ke system kemudian pilih Advanced System Settings. Pada tab Advance bagian performa (Performance) klik setting kemudian pilih custom. Setelah itu centang pada bagian seperti daftar dibawah ini.

  • Animate controls and elements inside windows
  • Enable peek
  • Show thumbnails instead of icons
  • Show translucent selection rectangle
  • Show window contents while dragging
  • Smooth edges of screen fonts
  • Smooth-scroll list boxed
  • Use drop shadows for icon labels on desktop

Hilangkan semua centang dan hanya centang seperti daftar diatas, Anda juga bisa mengurangi daftar diatas jika dirasa tidak perlu (tapi menurut saya yang diatas ya perlu semua). Dari pengalaman saya, ternyata tiap versi windows memiliki daftar berbeda, jadi mungkin ada beberapa daftar diatas yang tidak terdapat pada laptop yang Anda gunakan.

Menggunakan Software Tambahan

Ada beberapa software tambahan yang mungkin bisa berguna untuk membantu mempercepat laptop atau komputer. Anda bisa menemukan banyak sekali software utilities yang memang dibuat untuk mengoptimalkan komputer. Contoh software tambahan : Process Lasso, CCleaner, Tune Up, etc.

Saya sendiri menggunakan Process Lasso dan CCleaner untuk mengoptimalkan komputer.

Catatan, untuk permainan virtual memori dan readyboost ada kemungkinan tidak berguna atau tidak berpengaruh apapun, hal itu bisa disebabkan dari komputer maupun hardware yang digunakan untuk readyboost. Dan memang untuk performa yang lebih baik solusi yang terbaik adalah dengan melakukan upgrade. Tapi saya sendiri belum melakukan upgrade apapun dan hanya menggunakan cara-cara diatas.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *