Memilih Layanan Web Hosting

hosting

Cara Memilih Hosting Terbaik

Memilih Layanan Web Hosting, sebuah judul yang tentunya sudah sangat familiar terutama bagi para blogger yang sudah malang melintang di dunia blogging. Dalam membangun sebuah website, tentu dibutuhkan sebuah hosting untuk menampung data web yang akan diakses oleh banyak orang dan tentu saja merupakan salah satu syarat utama dalam membangun sebuah website.

Untuk saat ini, Anda tidak perlu lagi merasa bingung dalam permasalahan hosting karena ada banyak penyedia layanan hosting baik lokal maupun luar. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih layanan web hosting. Misalnya : lokasi server, kapasitas hosting, fitur, serta layanan after sales.

Bagi saya secara pribadi, yang harus diperhatikan adalah kapasitas hosting dan fitur yang ditawarkan, sedangkan untuk lokasi server dan layanan after sales berada pada urutan kedua atau bisa dikatakan sebagai opsional.

Kapasitas Hosting

Sebenarnya untuk hal ini adalah hal yang sangat sepele, dimana asumsinya semakin besar kapasitas yang ditawarkan adalah pilihan teratas. Namun, terkadang kita harus berpikir ulang dimana rasionalitas harus digunakan. Katakanlah sebuah hosting dengan kapasitas 1GB dijual dengan harga 5000 per bulan, hal ini tentu saja sudah menimbulkan pertanyaan, bagaimana bisa sebuah hosting dengan kapasitas sebesar itu dihargai sangat murah, apakah ada fitur yang dikurangi (dengan kata lain tidak tersedia) atau karena server sering mengalami gangguan. Dalam hal ini kita (sebagai pengguna/pembeli) harus jeli dalam memilih.

Fitur

Fitur yang ditawarkan sebuah hosting sangat beragam, mulai dari yang standar sampai yang lengkap. Selain harga yang murah tentu saja kita harus memperhatikan fitur-fitur yang ditawarkan, karena akan berpengaruh pada website kita nantinya. Jika ada harga  yang sedikit lebih mahal namun fiturnya lengkap, mengapa tidak.

Lokasi Server

Seperti yang saya katakan bahwa ini hanya sebuah opsional karena sekarang ini sudah banyak hosting lokal yang mendukung optimasi akses dari luar dan sebaliknya, namun akan lebih baik jika lokasi tersebut disesuaikan dengan website kita nantinya. Misalnya website nanti ditargetkan untuk pengunjung lokal, maka pilihan server lokal adalah yang terbaik karena akan sangat cepat ketika diakses.

Layanan After Sales

Secara umum semua penyedia layanan hosting akan memberikan yang terbaik bagi klien nya, namun terkadang kita membutuhkan beberapa bantuan dengan respon yang cepat. Jadi pada intinya, layanan after sales ini harus fast respons serta ramah, karena dari pengalaman ada beberapa yang kurang memuaskan dalam hal layanan after sales ini, namun bagi saya pribadi itu bukan perkara serius.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =