Cara Membuat Shortener Link Dengan Domain Sendiri

link

Membuat URL Shortener di WordPress

Shortener link merupakan sebuah url yang digunakan untuk membuat alamat asli suatu web menjadi lebih pendek dan singkat. URL Shortener juga berguna untuk memudahkan proses berbagi alamat web dengan orang lain karena lebih singkat sehingga mudah untuk diingat.

Ada banyak layanan URL Shortener yang bisa digunakan dengan gratis, bahkan beberapa diantaranya menjanjikan fee atau bayaran bagi para penggunanya. Tapi yang akan menjadi pembahasan adalah cara membuat URL Shortener serta jenis Short link yang baik.

Dalam membuat Shortener link ini bisa memanfaatkan domain yang sudah ada atau menyiapkan domain khusus terlebih dulu, dan tidak disarankan untuk digunakan secara umum, melainkan hanya digunakan sebagai layanan mandiri.

shortener link

Jenis Short URL Yang Baik

Pemendek URL memiliki jenis yang harus dipahami, sebelum membuat Shortener link harus mengerti agar tidak salah dalam penggunaannya. Berikut adalah jenis Short URL secara umum:

1. No Ads Shortener Link

Pemendek URL yang tidak memuat iklan merupakan URL Shortener yang baik untuk digunakan terutama untuk kepentingan berbagi alamat situs. Short URL seperti ini selain memudahkan pengguna (orang yang mengakses) juga bersifat live direct, artinya link akan langsung menuju konten asli tanpa harus menunggu konten lain dimuat.

Contoh Short URL yang tidak mengandung iklan:

  1. Goo.gl
  2. Bit.ly

2. Ads Shortener Link

Short link jenis ini banyak digunakan untuk menambah penghasilan, selain berfungsi untuk menyembunyikan dan memendekkan link asli juga memberikan fee (bayaran) untuk setiap view karena memuat konten iklan.

Melihat dari sisi pengguna, short URL dengan iklan kurang bagus untuk digunakan karena terkadang akan terlihat membingungkan dan mengandung banyak iklan yang mengganggu.

Contoh Short URL dengan iklan:

  1. Adf.ly
  2. Shorte.st
  3. Ouo.io
  4. Linkshrink

Menggunakan Shortener link yang mengandung iklan memang kurang baik jika dilihat dari sisi pengguna, tapi bukan berarti tidak layak untuk digunakan. Selama penggunaan dalam batas wajar, short url beriklan pun tetap bagus untuk digunakan.

Membuat Short URL Dengan Domain Sendiri

Cara membuat short URL sangat mudah, hanya dengan membuat script khusus dengan JavaScript atau PHP sudah bisa membuat Shortener link, terlebih sekarang ada banyak script gratis yang bisa digunakan bahkan memanfaatkan layanan blog gratis pun bisa dipakai untuk membuat URL Shortener.

Baca: Cara Membuat Blog Gratis.

Selain membuat secara manual, ada banyak layanan URL Shortener yang mendukung fitur custom URL. Syarat untuk melakukan custom domain biasanya hanya perlu menyiapkan domain / sub-domain untuk digunakan sebagai Short link. Berikut daftar layanan Short URL yang mendukung fitur custom domain:

  1. Rebrandly
  2. Bit.ly

Sebenarnya ada banyak layanan pihak ketiga yang bisa digunakan, tapi kebanyakan diantaranya bersifat premium untuk mendapatkan fitur custom domain / brand. Selama masih ada layanan gratis kenapa tidak digunakan, jika kualitas tidak jauh berbeda.

Rebrandly

Layanan Short URL dari Rebrandly bisa digunakan secara gratis serta mendukung fitur custom domain. Cukup menyiapkan domain khusus atau menggunakan sub domain, bisa langsung digabungkan dengan Rebrandly untuk membuat Shortner link dengan brand yang sudah dimiliki.

Menariknya, Rebrandly dapat digunakan untuk membuat lebih dari satu Shortner link, sehingga akan sangat berguna untuk membuat link khusus untuk keperluan tertentu.

Bit.ly

Bit.ly merupakan pemain lama, dan digunakan oleh banyak orang. Tidak jauh berbeda dengan layanan Rebrandly, Bit.ly juga hanya meminta pengguna menyiapkan domain / sub domain untuk digunakan sebagai URL Shortener.

Dashboard yang user friendly serta kelengkapan informasi mengenai statistik dan sebagainya merupakan nilai plus yang ditawarkan.

Membuat Short URL di WordPress

Membuat shortner link di WordPress sangat mudah, ada banyak plugin yang bisa digunakan untuk membuat Short URL tanpa harus melakukan banyak konfigurasi yang rumit.

Dari sekian banyak plugin Short URL WordPress yang tersedia, ada dua plugin gratis yang layak untuk digunakan, dan keduanya mendukung untuk custom URL (misalnya: domain.com/xd4er menjadi domain.com/facebook). Berikut plugin Shortner URL WordPress gratis:

1. Pretty links

Menawarkan antarmuka yang sederhana, serta mudah untuk dipahami. Pretty Links memiliki versi lite dan premium, untuk versi lite bisa digunakan secara gratis dan sudah lebih dari cukup untuk membuat short URL.

Pada dashboard Pretty Links terdapat field atau kolom url hasil generate yang bisa disesuaikan, artinya pengguna bebas membuat link atau mengedit link hasil generate.

2. Yourls Link Creator

Yourls tidak jauh berbeda dengan Pretty Links, dashboard juga mudah untuk dipahami serta fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Yourls membutuhkan API Key untuk even atau action tertentu, namun tetap bisa digunakan dengan mudah.

Menariknya, Yourls mendukung untuk auto generate serta memiliki table database sendiri.

Manfaat atau Fungsi Lain Dari Short URL

Short URL selain berfungsi untuk menyingkat URL juga berguna sebagai link afiliasi, dimana dengan Shortner Link yang dibuat khusus dengan domain utama dapat digunakan untuk menyembunyikan link afiliasi sehingga terlihat seolah bukan sebuah afiliasi.

Baca: Cara Menyembunyikan Link Afiliasi.

Manfaat lain menggunakan Short URL adalah ketika membagikan alamat situs pada sosial media, dimana URL yang dibagikan akan terlihat lebih simple dan menarik. Terlebih lagi jika URL Shortener yang digunakan merupakan domain khusus dan sesuai dengan domain utama, contoh: kabarpagi.com/post menjadi kb.pg/post.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Short URL, apalagi jika Shortener yang digunakan merupakan Shortener tanpa iklan yang langsung mengarahkan pada link asli.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *