Panduan Membuat Produk WooCommerce WordPress

Panduan Lengkap Produk WooCommerce

Membangun toko online dengan WordPress memang sangat mudah, dimana dengan adanya plugin WooCommerce dapat mengubah WordPress yang merupakan sebuah platform blogging menjadi sebuah toko online professional. Seperti yang saya katakan pada artikel sebelumnya bahwa WooCommerce merupakan salah satu plugin terbaik untuk membangun toko online layaknya situs online store professional.

Pembahasan kali ini adalah mengenai produk atau lebih tepatnya membuat produk pada WooCommerce. Sebenarnya untuk membuat produk sendiri sangat mudah, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dimana WooCommerce menawarkan pilihan dalam membuat produk.

Untuk pilihan produk sendiri cukup beragam, tapi saya hanya akan menyinggung dua jenis produk saja dimana kedua jenis ini adalah yang memiliki kemungkinan terbesar untuk digunakan (katakanlah sering digunakan). Mengenai produk yang akan dibahas adalah produk biasa dan produk yang memiliki opsi, maksudnya dari produk dengan opsi adalah produk yang memiliki pilihan seperti warna atau ukuran. Contoh produk yang memiliki opsi biasanya adalah jenis pakaian yang memiliki berbagai ukuran.

Pada video diatas, Anda bisa melihat contoh bagaimana membuat produk biasa, produk dengan opsi, serta produk yang memiliki diskon. Sedangkan untuk antarmuka atau tampilan admin ada kemungkinan berbeda, karena menyesuaikan jenis template dan plugin yang digunakan.

Simple Product

Simple product atau yang saya sebut dengan produk biasa adalah jenis produk yang paling mudah untuk dibuat, Anda hanya perlu mengisi data yang diperlukan, gambar, serta harga. Jika ingin menambahkan diskon pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi sale price dengan harga diskon yang diinginkan.

Variable Product

Variable Product (saya menyebutnya produk dengan opsi) merupakan jenis produk yang lebih kompleks, dimana produk ini memiliki pilihan pada produk yang dijual. Untuk membuat produk jenis ini Anda diharuskan untuk membuat atribut terlebih dulu. Atribut ini nanti yang akan menjadi induk dari pilihan atau opsi yang akan dibuat, misalkan ukuran dan atau warna.

Pada produk yang memiliki opsi penentuan atau pengisian harga sedikit berbeda, dimana harga akan diisi melalui pilihan opsi yang tersedia. Menyinggung masalah harga, Anda juga bisa menentukan harga berbeda untuk setiap ukuran dari produk yang dijual.

Pengaturan Diskon WooCommerce

Mengenai hal ini sebenarnya tidak perlu dibahas, karena untuk menambahkan diskon hanya perlu mengisi kolom sale price dengan harga yang lebih rendah dari regular price (harga awal). Namun, dalam diskon ini ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu diskon permanen dan diskon dengan waktu.

Diskon permanen adalah diskon yang Anda buat hanya dengan mengisi kolom sale price dengan harga yang lebih rendah, harga ini akan permanen selama Anda tidak melakukan perubahan. Sedangkan diskon dengan waktu adalah jenis diskon yang akan otomatis kembali ke harga awal jika waktu diskon telah habis. Untuk membuat diskon dengan waktu ini Anda harus menentukan schedule setelah mengisi sale price.

Mengenai masalah pembuatan produk ini sebenarnya hanya perlu memahami perbedaan antara Simple Product dengan Variable Product, sehingga tidak akan menemui kesulitan saat akan membuat produk yang memiliki opsi. Sedangkan untuk jenis produk lain tidak saya bahas karena sangat jarang digunakan, terlebih jika memperhatikan situs toko online yang sudah ada maka yang paling sering dijumpai hanya penggunaan jenis produk sederhana dan produk dengan opsi.

Kemudian masalah gambar produk, menyinggung masalah gambar selain menyertakan gambar utama, Anda juga bisa menambahkan gambar lain sebagai tambahan dan atau pilihan. Untuk menambahkan gambar tambahan (gallery) bisa dilakukan dengan menggunakan menu add product gallery yang berada dibawah gambar produk.

Menurut saya pribadi, gambar produk gallery ini juga cukup penting karena bisa menjadi pilihan bagi pembeli. Terlepas dari penting atau tidaknya, itu juga tergantung pada Anda selaku admin atau pemilik toko. Hanya saja memberikan banyak opsi/pilihan bagi pembeli mungkin akan sedikit lebih baik.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *