Membuat Branding Dengan Warna

Color Branding atau mudahnya warna brand atau katakanlah warna merk merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan penting karena bisa menjadi sebuah karakter atau identitas sebuah produk/merk.

Katakanlah Anda akan membuat sebuah produk kemudian Anda memilih warna hijau sebagai logo atau sebagai warna dasar dari produk tersebut, maka bukan tidak mungkin orang-orang akan mengenal produk tipe A yang asli atau yang terbaik adalah yang berwarna hijau. Hal ini juga berlaku untuk sebuah website/situs dimana warna pertama lah yang akan dikenal orang-orang, sebut saja FaceBook yang dikenal berwarna biru karena memang dari awal FaceBook dibuat dengan warna biru.

Seperti sebuah hal yang sepele namun sesungguhnya memiliki nilai yang cukup besar karena bisa menjadi sebuah identitas yang akan dikenal banyak orang, sehingga pemilihan warna akan sangat berpengaruh.

Asumsinya ketika membuat sebuah situs tentu tidak lepas dari yang namanya desain, pada bagian desain ini lah pemilihan warna akan sangat berperan. Sehingga ada baiknya melakukan banyak percobaan terlebih dulu ketika membuat sebuah desain agar nantinya ketika sudah diterapkan tidak akan terjadi yang namanya ganti-ganti warna. Kalaupun berganti warna hanya sebagai tambahan tanpa menghilangkan warna utama yang sudah menjadi sebuah karakter atau identitas.

Ketika membuat sebuah situs atau blog, Anda tentu memikirkan pula desain yang akan digunakan. Ketika sedang memilih atau katakanlah membuat desain tersebut, tentukanlah warna yang tepat yang akan menjadi karakter dari situs Anda nantinya.

Misalkan Anda memilih warna merah sebagai dasar, maka gunakan warna merah itu sebagai brand, sebagai karakter dari situs Anda nantinya. Sehingga orang-orang akan memahami bahwa situs A dengan warna merah adalah situs Anda, meski nanti akan muncul situs lain dengan topik yang sama sekalipun, mereka akan tetap menganggap bahwa situs dengan topik seperti itu warnanya adalah merah yang merupakan situs milik Anda.

Menentukan warna untuk menjadi sebuah brand memang tidak mudah, tapi juga tidak terlalu sulit. Anda bisa mencontoh warna yang sudah digunakan, kemudian tinggal memilih tingkat atau level dari warna tersebut untuk membedakan.

Membangun branding dengan warna memang kadang terlihat sepele, namun siapa sangka bahwa warna bisa menjadi sebuah brand atau karakter dari sebuah situs.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *