Membuat Blog Gratis Di Blogger

Panduan Membuat Blog

Blogger merupakan sebuah layanan blog gratis yang disediakan oleh Google, dan merupakan salah satu layanan blog gratis terbaik dengan pengguna terbesar diseluruh dunia. Meskipun merupakan sebuah layanan blog gratis, tapi Blogger menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna membangun sebuah situs professional (dengan kata lain bukan hanya sebagai sebuah blog).

Dukungan langsung dari Google serta fitur profesional (layaknya premium) menjadikan Blogger berada pada urutan pertama untuk kategori layanan blog gratis, baik dari segi antarmuka maupun back-end Blogger menawarkan full access bagi pengguna yang ingin melakukan custom tanpa harus membayar untuk sebuah fitur.

Blogger selain menawarkan kemudahan bagi para penggunanya juga menawarkan kemudahan dalam hal pencarian pada mesin pencari Google. Wajar jika Blogger begitu mudah bersaing dalam mesin pencari, karena Google sebagai induknya tentu merancang struktural Blogger dengan baik.

blogger

Apa Bedanya Blogger Dengan Layanan Blog Gratis Lain?

Perbedaan antara Blogger dengan layanan blog gratis lainnya terletak pada struktur sistem (tidak masuk kategori pembahasan), kapasitas database (web premium menyebutnya dengan kapasitas disk/hosting space), dan fitur dengan akses penuh.

Layanan blog gratis lainnya mungkin menawarkan beberapa fitur yang sama, tapi bisa dipastikan ada beberapa fitur yang mengharuskan pengguna melakukan pembayaran untuk sebuah fitur tersebut. Berbeda dengan Blogger yang menawarkan semua fitur dengan gratis dan memberikan kebebasan pengguna dalam menggunakan layanan yang tersedia.

Apakah Blogger Bisa Digunakan Untuk Mendapatkan Penghasilan?

Blogger bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan, jika yang dimaksudkan adalah bermain Adsense maka tidak perlu khawatir karena Blogger mendukung untuk layanan tersebut dan bahkan untuk layanan iklan dari pihak lain. Bahkan dari Blogger sendiri sudah mendukung fitur untuk integrasi dengan layanan Google Adsense.

Bagaimana Cara Mendaftar Dan Membuat Blog Di Blogger?

Syarat untuk mendaftar Blogger adalah harus memiliki akun Gmail, jika sudah memiliki akun Gmail selanjutnya kunjungi laman resmi Blogger kemudian lakukan pendaftaran.

Ketika mendaftar Blogger, biasanya akan disuruh mengisi form untuk nama blog, url/alamat blog, deskripsi dan sebagainya, kemudian memilih template/theme (bisa diganti kapanpun). Mengenai design atau theme/template, tersedia banyak sekali template gratis dari pihak ketiga yang bisa digunakan, atau bisa juga melakukan custom template bawaan Blogger sesuai keinginan.

Apakah Blogger Hanya Bisa Digunakan Untuk Blog?

Secara umum Blogger merupakan platform blogging, artinya memang layanan Blogger adalah untuk blog. Tapi, tidak menutup kemungkinan membangun situs lain dengan Blogger, seperti situs berita dan bahkan toko online (tidak disarankan untuk level menengah keatas).

Tapi, untuk membangun situs layaknya website baik itu portal berita atau yang lain, ada baiknya terlebih dulu memahami sistem Blogger dan sebagainya, karena untuk level website premium membutuhkan kemampuan user yang tidak hanya sekedar tau cara menulis artikel.

Ada banyak contoh situs website berita yang dibangun menggunakan Blogger, dan meski menggunakan platform gratis tapi terlihat profesional. Selain itu, situs-situs tersebut juga mampu bersaing dengan website yang dibangun secara premium.

Blogger Sering Menghapus Blog Secara Sepihak

Ada banyak pengguna yang merasa resah dengan penghapusan blog yang dilakukan oleh Blogger, dan sebagian besar memutuskan beralih menggunakan layanan premium dengan alasan lebih aman, bebas dan sebagainya.

Ketika menggunakan suatu layanan, maka sebagai pengguna harus setuju dengan aturan yang diterapkan oleh penyedia layanan. Blogger menerapkan aturan bagi para penggunanya. Jika kemudian ada blog yang dihapus, artinya ada pelanggaran yang dilakukan.

Beberapa pengguna mengatakan bahwa salah satu cara menghindari penghapusan blog oleh Blogger adalah dengan melakukan custom domain, alasannya adalah karena sudah menjadi premium dan profesional. Fakta mengenai hal itu adalah bahwa Blogger belum menyertakan aturan custom domain mendapat perlakuan khusus, artinya baik itu custom domain maupun tidak aturan tetap sama.

Bagaimana Agar Blog Terlihat Profesional?

Pengguna Blogger yang ingin membuat blog yang dimiliki terlihat profesional harus memperhatikan hal berikut ini:

  1. Desain (theme/template).
  2. Domain.
  3. Konten.

Desain

Desain atau template menjadi salah satu poin penting agar sebuah blog terlihat profesional, dan menggunakan template bawaan Blogger tanpa melakukan custom tentu bukan sebuah jawaban meski desain terlihat bagus. Solusinya adalah dengan menggunakan desain yang lebih baik dan sesuai dengan topik blog tersebut.

Misalkan ingin membuat blog dengan topik atau tema yang diangkat adalah portal berita, maka gunakan desain yang sesuai untuk situs berita. Selain itu, menggunakan desain unik (yang hanya digunakan oleh 1 situs/blog) juga merupakan poin penting.

Domain

Berniat membangun sebuah blog profesional dan menggunakan sub-domain dari Blogger eg: namablog.blogspot.com tentu bukan sebuah pilihan yang tepat. Beli domain khusus untuk blog yang dikelola, kemudian mapping dengan blog yang diinginkan.

Selain sebagai bentuk profesionalisme, domain juga bisa menjadi bukti bahwa situs tersebut adalah situs yang layak dan merupakan bentuk keseriusan seorang pemilik blog.

“Saya akan membangun blog gratisan terlebih dulu, baru kemudian menggantinya dengan domain premium”. Kalimat tersebut merupakan sebuah persepsi yang kurang tepat. Ketika berniat membangun sebuah blog yang profesional, maka buatlah konsep dengan matang, dan siapkan semua yang dibutuhkan (nama, domain, topik, desain) baru kemudian buatlah blog tersebut jika sudah siap secara keseluruhan.

Konten

Seorang web master profesional tidak akan membuat sebuah konten yang isinya lemah (tidak bernilai dan terkesan “yang penting nulis”). Buat konten atau artikel yang berisi dan berkualitas, pastikan artikel yang ditulis memiliki bobot yang tinggi.

Alasan kenapa konten menjadi bagian dari poin penting agar blog terlihat profesional adalah bahwa selain konten merupakan raja, konten juga menjadi bagian penilaian seorang pembaca. Ketika mengakses sebuah situs yang menyajikan informasi yang diinginkan, dan ternyata isinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, apakah akan kembali pada situs tersebut? Jawabannya adalah ya, tapi hanya sekitar 5-7%.

Memanfaatkan Blogger Untuk Mencari Uang

Kembali pada pembahasan mengenai Apakah Blogger Bisa Digunakan Untuk Menghasilkan Uang?. Bukan rahasia lagi jika website digunakan untuk mendapatkan uang, hal itu juga berlaku untuk sebuah blog. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari blog, selain menjadi publisher Adsense atau layanan iklan dari pihak lain, masih ada banyak cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan menggunakan shortner link.

Terlepas dari layanan pihak ketiga maupun Adsense, blog juga bisa dimanfaatkan untuk menjual jasa, bahkan bisa juga menjual kolom iklan jika blog yang dikelola memiliki rate dan traffic yang tinggi. Jika konten dalam sebuah blog memiliki kualitas yang tinggi, bukan tidak mungkin akan mendapatkan penawaran untuk membuat sebuah artikel yang sudah pasti akan mendapat bayaran, atau bahkan menjadi seorang penulis buku dan sebagainya.

Masih Ragu Dengan Blogger?

Buang rasa malu (kurang percaya diri) dan ragu untuk menggunakan Blogger sebagai platform blog, ada banyak situs yang dibangun dengan Blogger dan mampu bersaing dengan web premium bahkan menjadi daya tarik. Berikut adalah contoh situs atau blog yang dibangun dengan platform Blogger :

  1. Webupd8.org
  2. Noobslab.com
  3. Geropos.com
  4. Kompiajaib.com
  5. blog.kangismet.net
  6. pelggrammar.com, etc.

Daftar situs diatas semuanya dibangun dengan Blogger, dan semuanya terlihat profesional dan mampu bersaing dengan website berbayar. Tidak perlu lagi merasa inferior dengan para pengguna blog atau website berbayar, dengan Blogger juga bisa membuat situs yang bagus dan berkualitas.

Kekurangan Menggunakan Blogger

Meskipun Blogger merupakan platform blog gratis terbaik, namun tidak terlepas dari kekurangan tapi bukan berarti akan mengurangi kualitas suatu blog.

Salah satu kekurangan mendasar pada Blogger adalah bahwa pemilik blog tidak bisa berbagi file secara langsung. Solusi untuk masalah ini bisa menggunakan layanan Google Drive atau layanan pihak lain.

Kekurangan lainnya adalah bahwa pemilik blog harus melakukan custom secara manual jika ingin menambahkan sesuatu yang bukan dari Blogger secara manual. Berbeda dengan website premium yang menyediakan banyak tambahan untuk memudahkan penggunanya.

Apakah Blogger Menyediakan Jalur Aman Pada Blog?

Blogger menyediakan jalur aman (https) bagi para penggunanya, dan memang dianjurkan untuk mengaktifkan fitur tersebut karena selain sebagai akses aman juga berpengaruh pada seo. Tapi, untuk saat ini Blogger hanya menyediakan fitur tersebut untuk sub-domain, sedangkan untuk pengguna custom domain belum tersedia.

ssl

Pengguna custom domain pada Blogger yang ingin menambahkan atau mengaktifkan jalur aman pada blog (fitur https) bisa menggunakan layanan pihak ketiga, salah satu layanan yang cukup populer adalah Cloudflare.

Cloudflare selain bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur keamanan (https) juga bisa digunakan untuk menambahkan CDN (Content Delivery Network). Tapi untuk fitur CDN tidak terlalu dibutuhkan karena Blogger bisa diakses darimana saja dengan cepat (tergantung pada script blog).

Bagaimana Cara Menambahkan Domain Pada Blogger?

Menambahkan domain khusus pada Blogger sangat mudah, syarat yang dipenuhi adalah sudah memiliki domain dan mendukung fitur untuk mengubah DNS dan sebagainya (terkadang ada domain yang tidak mendukung fitur tersebut). Langkah untuk mengaktifkan domain khusus (custom domain) adalah sebagai berikut:

  1. Masuk pada akun Blogger.
  2. Pilih Setelan > Dasar > Publikasi.
  3. Pilih Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog.
  4. Ketik nama domain dengan menyertakan www, kemudian simpan.
  5. Tambahkan pengaturan CNAME pada DNS domain yang ingin digunakan. Biasanya untuk pengaturan CNAME Blogger ada dua yang harus ditambahkan, yaitu www. dan validasi khusus dari Blogger. Untuk pengaturan-nya seperti berikut ini:

www.domain.com (pada kolom Host/Alias), ghs.google.com (pada kolom Value/Tujuan), dan

xxxxxxxxxxxxxxxxx.domain.com (pada kolom Host/Alias), ghs.google.com (pada kolom Value/Tujuan)

Sampai disini sebenarnya sudah selesai, dan tinggal menunggu proses penggabungan server (biasanya tidak lebih dari 1 jam, tapi bisa sampai 24 jam).

Jika ingin agar blog bisa diakses tanpa www. maka tambahkan A-records pada pengaturan dns dengan menuliskan domain.com (bukan www.domain.com) kemudian arahkan pada IP berikut:

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Sampai disini pengaturan penambahan domain khusus sudah selesai, tinggal menunggu proses penggabungan server selesai. Pengaturan lebih jelas mengenai custom domain bisa dilihat di blog Kang Ismet.

Apa Bisa Menambahkan Sub Domain Untuk Blogger?

Bisa, cukup dengan membuat pengaturan CNAME baru sesuai nama sub domain yang diinginkan, misalnya kesehatan.domain.com atau game.domain.com dan sebagainya.

Sub domain ini juga berguna ketika ingin membuat blog seperti situs berita dimana bisa membuat sub domain sebagai kategori, contoh : kesehatan.detik.com, olahraga.detik.com dan sebagainya.

Share this:

2 thoughts on “Membuat Blog Gratis Di Blogger”

  1. Wah artikelnya sangat berfaedah mas hasan.. sedikit banyak saya jadi tambah ngerti gimana bikin blog engga pake ribet :)) booom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *