Membangun Toko Online Dengan WooCommerce

Toko Online WordPress WooCommerce

Di era yang serba modern ini hampir semua kegiatan atau aktivitas telah digantikan oleh teknologi yang memudahkan orang-orang baik dalam berkomunikasi maupun aktivitas lainnya. Terlebih dengan hadirnya teknologi mobile phone yang mana bisa dikatakan hampir mampu untuk melakukan semua hal, termasuk dalam konteks pekerjaan.

Salah satu kegiatan yang cukup menonjol dengan semakin berkembangnya teknologi adalah aktivitas jual beli yang sekarang ini merambah dunia online baik memanfaatkan layanan media sosial maupun sebuah website. Bagi sebagian kalangan, memanfaatkan situs jual beli menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis mereka, namun sebagian lainnya juga membangun situs mereka sendiri untuk memudahkan pembeli atau klien.

Untuk membangun sebuah situs (katakanlah toko online) sangat mudah dan biaya yang dibutuhkan pun terbilang murah, sebab itu banyak pengusaha kecil dan menengah sekarang ini yang mulai terjun dalam bisnis online untuk mengembangkan usaha dengan membangun sebuah situs untuk menjual produk atau dagangan.

Bagi Anda yang memang ingin mulai membangun bisnis online dengan membuat sebuah toko online, Anda bisa dengan mudah membuatnya memanfaatkan WordPress yang banyak sekali tersedia tutorial serta penggunanya, sehingga jika menemui kesulitan bisa dengan mudah mengatasinya.

Membangun Toko Online WooCommerce

WooCommerce merupakan sebuah plugin yang dapat mengubah WordPress menjadi sebuah toko online layaknya website professional, dengan memanfaatkan WooCommerce Anda bisa dengan mudah membangun toko online untuk mengembangkan bisnis/usaha.

Untuk membangun toko online, syarat pertama yang harus Anda miliki tentunya adalah sebuah domain dan hosting. Membahas masalah domain, terlebih dulu Anda harus memahami bagaimana dalam penamaan sebuah domain. Karena selain akan menjadi identitas juga merupakan sebuah brand yang Anda miliki. Sedangkan untuk masalah hosting, Anda bisa dengan mudah menemukan penyedia layanan yang professional, tapi alangkah baiknya jika hosting yang digunakan adalah jenis hosting yang memang sudah dioptimalkan untuk WordPres karena situs yang akan dibangun berbasis WordPress.

Selain itu, Anda juga harus memahami syarat-syarat dalam membangun toko online agar tidak menemui banyak problem saat membangun atau menjalankan toko online yang Anda kelola. Setelah memahami hal-hal diatas, selanjutnya adalah memahami proses instalasi WordPress, WooCommerce, serta memahami cara pengelolaannya agar tidak mengalami banyak kesulitan.

Instalasi WordPress

Sebenarnya proses instalasi WordPress cukup mudah, dimana Anda dapat melakukan instalasi dengan cepat melalui cPanel. Tapi, banyak user baru yang terkadang kesulitan ketika instalasi. Pilihan instalasi WordPress sendiri cukup beragam, hanya saja sebaiknya menggunakan cPanel karena jauh lebih mudah.

Instalasi WooCommerce

Setelah melakukan instalasi WordPress, untuk membangun toko online Anda membutuhkan tambahan yang berfungsi untuk mengubah WordPress menjadi sebuah toko online. Ada banyak pilihan plugin yang bisa digunakan, tapi WooCommerce mungkin bisa menjadi pilihan terbaik karena banyak sekali yang menggunakan WooCommerce untuk membangun toko online professional.

Panduan Membuat Produk Pada WooCommerce

Setelah proses instalasi dan konfigurasi WooCommerce selesai, sebenarnya toko online Anda sudah jadi. Tapi ada hal lain yang harus dipahami, yaitu masalah pembuatan produk. Sebenarnya untuk membuat produk (katakanlah mempublikasikan produk) sangat mudah, namun ada bagian yang benar-benar harus dipahami seperti pembuatan produk dengan opsi (contoh produk dengan opsi adalah pakaian yang memiliki opsi ukuran atau warna).

Membuat Opsi Layanan Pengiriman Barang

Sebuah toko online tentu membutuhkan jasa kurir untuk mengirimkan barang pada setiap pembelinya, jika Anda melihat toko online yang sudah besar tentu mereka menyediakan pilihan layanan pengiriman. Di Indonesia ada beberapa layanan pengiriman barang yang biasa digunakan, tapi untuk menambahkan pilihan pengiriman tersebut pada toko online harus menggunakan layanan pihak ketiga dan merupakan layanan berbayar. Untuk mengurangi biaya pengeluaran (modal pembuatan toko online) Anda bisa menggunakan metode local shipping dari WooCommerce sebagai opsi pengiriman barang.

Setelah melakukan ke-empat langkah diatas, sebenarnya toko online Anda sudah jadi secara penuh dan siap untuk mulai mengembangkan bisnis. Akan tetapi ada tambahan lain yang harus diperhatikan, tambahan ini berguna untuk menjaga kesehatan atau keamanan situs Anda dan berguna sebagai bentuk tanggungjawab pada para pelanggan bahwa situs Anda memiliki keamanan yang bagus.

Menambah Keamanan WordPress

Masalah keamanan terkadang sering diabaikan oleh para pemilik situs, entah karena kurang paham atau memang lalai. Tapi jika Anda melihat situs toko online professional tentu mereka menawarkan keamanan bagi para pelanggan sebagai bentuk tanggungjawab atas kepercayaan yang sudah diberikan.

Untuk menambahkan keamanan pada situs WordPress (toko online berbasis WordPress) cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan sedikit konfigurasi untuk mengaktifkan keamanan pada situs Anda. Meski tidak ada jaminan keamanan 100%, tapi setidaknya Anda dapat mengurangi resiko kerusakan yang mungkin bisa terjadi entah karena disengaja atau tidak.

Sampai disini toko online Anda sudah benar-benar selesai, hanya saja mungkin perlu melakukan penataan pada template yang Anda gunakan agar terlihat menarik (jika belum dilakukan saat instalasi WooCommerce). Tahap selanjutnya Anda hanya perlu mendaftarkan situs Anda pada mesin pencari dengan cara mendaftar pada webmaster tools, kemudian mulai mempromosikan situs melalui jejaring sosial agar cepat dikenal banyak orang.

Perlu Anda ketahui, bahwa artikel ini hanya membahas instalasi atau pembuatan toko online dengan WooCommerce WordPress. Untuk membuat situs Anda memiliki power lebih maka Anda harus mempelajari SEO (Search Engine Optimization) dan sebagainya, agar situs Anda dapat muncul pada halaman utama Google sesuai dengan keyword produk yang dijual.

Share this:

3 thoughts on “Membangun Toko Online Dengan WooCommerce”

  1. tertarik untuk mencobanya, pengen jualan buku bekas scara online. Seperti yang disebutkan di atas tadi bahwa cara seperti ini bisa menghemat biaya, gak perlu sewa tempat. Tapi yaaa mesti pandai-pandai berpromosi kalau ingin berkembang.

    1. untuk promosi bisa memanfaatkan sosial media dan email marketing, tapi mungkin perlu banyak hal yang perlu dipelajari terlebih dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *