Membandingkan Hosting Unlimited Dan Limited

Perbandingan Web Hosting

Di era yang serba modern ini, siapa yang tidak mengerti akan web hosting. Seorang blogger pemula pun sedikit banyak pasti mengerti, dan memang bukanlah sebuah hal baru terutama bagi para blogger. Sekarang ini layanan web hosting sudah benar-benar familiar, hal dibuktikan dengan mudahnya menemukan layanan tersebut yang tersedia dengan beragam fitur dan berbagai pilihan harga.

Bagi seorang blogger pro (katakanlah blogger yang mulai mandiri), tentu layanan web hosting merupakan salah satu hal yang paling dicari, dimana perbandingan kapasitas, fitur, serta harga menjadi tolak ukur secara umum. Seorang yang sudah memahami seperti apa web hosting tentu akan dengan mudah menentukan pilihan, terlebih yang sudah pernah berlangganan pada suatu penyedia layanan.

Kembali pada judul, konteks yang akan dibahas adalah perbandingan antara layanan web hosting unlimited dengan limited (standar). Secara umum, bahkan pemula sekalipun sebagian besar akan memilih layanan web hosting unlimited, hal ini didasarkan pada kemudahan dimana pengguna (Anda) tidak perlu memikirkan kapasitas hosting karena layanan yang digunakan adalah tanpa batas.

Tapi, terkadang kita sebagai pengguna dihadapkan dengan pilihan yang sulit, di satu sisi membutuhkan layanan unlimited namun disisi lain ada layanan limited namun mumpuni. Saya pribadi lebih suka menggunakan layanan unlimited karena tidak perlu memikirkan kapasitas hosting, namun terkadang ada alasan tersendiri sehingga harus menggunakan layanan limited yang kapasitasnya terbatas.

Asumsinya seperti ini, sebuah layanan tanpa batas jika bersifat publik (dalam artian digunakan oleh banyak orang) tentu pada waktu tertentu akan terasa lambat, hal ini terjadi karena jumlah pelayan tidak mencukupi. Web hosting pun juga demikian, artinya meski layanan yang ditawarkan adalah unlimited namun jika digunakan oleh banyak orang maka ada kemungkinan di waktu tertentu akan terasa lambat.

Bagaimana dengan hosting limited?

Sebenarnya sama saja, baik limited maupun unlimited jika merupakan layanan publik maka hasilnya akan sama, yang membedakan hanya kapasitasnya. Tapi, jika hosting limited yang digunakan bersifat pribadi maka jelas ini adalah pilihan yang lebih baik.

Maksud saya bersifat pribadi bukan berarti milik sendiri, melainkan digunakan oleh satu user saja (Anda sendiri). Sebut saja layanan seperti ini adalah VPS atau sejenisnya, tentu ini merupakan yang lebih baik daripada shared hosting unlimited dimana akses situs akan terasa lebih cepat.

Bayangkan saja Anda sedang menuju ke bandara, menggunakan travel tentu menyenangkan karena biaya tentu sedikit lebih terjangkau, meski sudah dijadwalkan namun tetap saja perjalanan akan berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi yang memungkinkan lebih cepat sampai tujuan.

Jadi, mana pilihan yang terbaik antara hosting unlimited atau limited?

Jika merupakan layanan publik, maka hosting unlimited lebih disarankan. Hanya saja harganya mungkin sedikit lebih mahal. Pada intinya kembali pada masing-masing pengguna, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan.

Terlebih lagi sekarang ini banyak sekali layanan shared hosting yang bisa dikatakan cepat aksesnya, yang penting jangan terkecoh harga murah ketika memilih layanan web hosting karena akan berdampak pada situs Anda nantinya. Bukan berarti tidak ada layanan web hosting murah dengan kualitas tinggi, ada banyak sekali layanan hosting dengan harga terjangkau yang kualitasnya bagus, hanya saja harus jeli dalam memilih.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *