Cara Install WooCommerce Untuk Toko Online WordPress

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas mengenai WooCommerce yang merupakan sebuah plugin untuk membangun situs toko online dengan WordPress. WooCommerce sendiri bukan satu-satunya pilihan yang bisa digunakan untuk membuat toko online WordPress, tapi untuk saat ini bisa dikatakan sebagai pilihan terbaik jika ingin membangun toko online dengan basis WordPress.

Instalasi WooCommerce sendiri sebenarnya sangat mudah, dimana cara instalasi adalah sama seperti plugin WordPress lainnya. Hanya saja setelah instalasi ada beberapa pengaturan dasar yang harus dilakukan, dan terkadang cukup membingungkan bagi pemula.

Pengaturan dasar setelah menginstall WooCommerce bisa dikatakan sederhana dan mudah untuk dilakukan, dimana Anda hanya perlu mengatur alamat, mata uang yang digunakan, dan metode pembayaran. Dibawah ini terdapat sebuah video tutorial pengaturan dasar WooCommerce, silahkan Anda simak video tersebut untuk lebih jelasnya.

Pengaturan Alamat

Dalam pengaturan alamat ini sendiri sebenarnya lebih mengarah pada lokasi Anda atau toko Anda, misalkan lokasi Anda adalah Surabaya, maka pilih lokasi provinsi Jawa Timur. Alasan mengapa alamat harus sesuai dengan lokasi sebenarnya adalah agar memudahkan saat proses pengiriman, jadi misalkan Anda menggunakan plugin pihak ketiga yang berfungsi untuk kalkulasi harga pengiriman akan lebih mudah, selain itu juga sebagai bukti bahwa Anda atau toko Anda benar adanya.

Mata Uang

Sebenarnya untuk pengaturan jenis mata uang yang digunakan ini tergantung pada Anda sebagai pemilik toko, katakanlah Anda ingin menggunakan usd sebagai mata uang pembayaran, tentu saja ini sah dan boleh digunakan, akan tetapi alangkah baiknya menggunakan mata uang sesuai dengan negara dimana Anda berada.

Metode Pembayaran

Ada beberapa pilihan dalam metode pembayaran yang bisa digunakan, semakin banyak metode pembayaran yang tersedia tentu akan semakin memudahkan pelanggan. Oleh sebab itu jangan sampai ada kesalahan dalam pengaturan pembayaran ini, karena jika terdapat kesalahan (misalkan salah penulisan nomor rekening) bisa berakibat fatal dan bisa sangat merugikan (Anda dan atau pembeli).

Selain pengaturan diatas, sebenarnya masih ada banyak pengaturan lainnya. Tapi, untuk pengaturan-pengaturan lainnya seperti pengiriman, produk dan sebagainya akan dibahas pada artikel lain, karena artikel ini hanya sebagai pengantar dalam artian hanya instalasi WooCommerce.

Tahap Instalasi WooCommerce

Sebelum menginstall WooCommerce ada baiknya terlebih dulu sudah menginstall template yang mendukung atau katakanlah memang untuk toko online. Sebenarnya ini hanya saran saya secara pribadi untuk memudahkan, mengenai mana yang lebih dulu harus di install itu tergantung selera masing-masing.

Terlepas dari mana yang harus di install lebih dulu antara WooCommerce atau template, akan lebih baik bila lebih fokus pada instalasi WooCommerce agar tidak menemui banyak kesulitan (bagi yang pertama kali menggunakan WooCommerce).

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *