You are here: Home » Hosting » Cara Sederhana Menghemat Kapasitas Hosting

Cara Sederhana Menghemat Kapasitas Hosting

Memiliki sebuah website premium tentu bukan perkara yang gampang, terlebih lagi jika resource hosting yang digunakan tergolong kecil. Hal itu tentu saja bisa menjadi sebuah masalah jika tidak melakukan upgrade pada layanan yang lebih besar.

Bagi yang menggunakan hosting dengan kapasitas 1GB keatas tentu bukan perkara serius karena memiliki kapasitas yang bisa dikatakan lebih dari cukup untuk sebuah blog. Berbeda dengan blog yang menggunakan hosting minimum yang kapasitasnya sangat kecil.

Cara sederhana untuk menghemat kapasitas hosting adalah dengan menyimpan file gambar pada situs lain. Katakanlah memanfaatkan layanan seperti blogger untuk menyimpan file gambar, terlihat sepele namun cukup efektif dalam menghemat kapasitas hosting.

Selain blogger, Anda juga bisa memanfaatkan layanan lainnya misalnya layanan image hosting gratis.

Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya, tapi menurut saya pribadi cara diatas adalah yang paling mudah dilakukan dan terbukti cukup efektif dalam menghemat kapasitas hosting.

Memanfaatkan layanan gratisan memang kadang terlihat kurang pas, tapi tidak ada salahnya dicoba, nyatanya meski terlihat membingungkan tapi berguna. Dan tidak sedikit pula yang menggunakan cara ini, terutama yang memiliki kapasitas hosting tidak terlalu besar.

Keuntungan Direct Gambar

Keuntungan yang bisa didapatkan adalah bahwa hal ini cukup efektif dalam menghemat kapasitas hosting, meski fakta mengatakan bahwa akan terlihat kurang elok jika sudah menggunakan situs premium namun gambar masih di lempar sana sini.

Tapi jika tidak terlalu memikirkan gengsi, maka cara ini akan sangat membantu.

Kekurangan Direct Gambar

Seperti yang saya katakan bahwa direct gambar adalah dengan memanfaatkan layanan lain untuk menyimpan file gambar, dan disini adalah letak kekurangannya. Sangat tidak logis dan terlihat memalukan sebuah situs premium melempar gambar, tapi untuk blog pribadi sepertinya bukan masalah.

Intinya, ketika membangun situs premium sebaiknya sudah perkirakan terlebih dulu akan seperti apa situs nantinya dan seberapa besar kapasitas yang dibutuhkan. Tapi untuk personal, terutama yang memiliki budget terbatas, tidak ada salahnya menggunakan cara ini untuk menghemat kapasitas hosting.

Bagikan artikel ini:

1 Comment

  1. baru tahu saya ternyata seperti itu menghemat kapasitas hosting, kalau sudah cukup ilmunya mungkin saya akan membuat blog premium domain dan hosting, sementara sering berkunjung ke blog ini dulu belajar cukupkan pengetahuan dulu tentang mengelola blog wordpress self hosted

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *